beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Sungai Musi Wisata Air Kota Palembang

Sungai Musi Wisata Air Kota Palembang

 
wildan
2016-02-15 09:19:42
wildan Wisata Budaya 0 142
 
 
Sungai Musi Wisata Air Kota Palembang

Sungai Musi Wisata Air Kota Palembang

Jika kita mendengar kata Palembang apa yang ada difikiran kita? Pasti sebagian besar dari kita akan teringat dengan panganan yang berbahan dasar ikan, kenyal serta berwarna putih. Panganan tersebut ialah Pempek, pempek merupakan makanan khas yang berasal dari palembang oleh sebab itulah pempek menjadi ciri khas dari kota Palembang. Namun dibalik itu semua ada hal lain yang menjadi City Branding dari kota Palembang hal ini erat kaitannya dengan wisata air dan tentunya tidak kalah menariknya dibandingkan wisata air lainnya. Adapun City Branding tersebut ialah Sungai Musi.

Sungai musi sebagai wisata air di Sumatera Selatan ini adalah Sungai yang membentang sepanjang 750 km dan menghubungkan bagian hulu dan hilir. Sejak Zaman Sriwijaya Sungai Musi terkenal akan sarana transportasi utama bagi masyarakat. Banyak yang mengatakan bahwa Sungai Musi tidak akan pernah kekeringan hal ini dikarenakan air di sungai tersebut di datangkan dari 9 anak sungai besar, mulai dari Sungai Rawas, Leko, Kelingi, Semangus, Komering, Batanghari, Lakitan, Lematang dan yang terakhir Sungai Ogan. Sungai Musi erat kaitannya dengan Jembata Ampera hal ini dikarenakan ampera berdiri kokoh di atas sungai musi dan menghubungkan hulu dan hilirnya kota Palembang. Setiap orang yang akan berkunjung ke Palembang sebagai besar akan melewati jembatan yang sudah ada sejak tahun 1965. Sungai musi memang memiliki banyak sekali keistimewaan di dalamnya dan juga tentunya membawa berkah bagi masyarakat yang tinggal di sekitar sungai musi baik itu yang tinggal di atas sungai musi ataupun yang tinggal di pinggir sungai musi. Sungai Musi yang dahulunya menjadi pusat sarana transportasi ternyata dahulu juga terjadi transaksi jual beli diatas sungai musi. Dahulunya para pedagang berjualan diatas transportasi yang dinamakan ketek. Namun sekarang ketek tersebut digunakan untuk sarana transportasi wisata air bagi pengunjung yang datang ke sungai musi. Jika kita ingin berkunjung ke Sungai Musi bebas kapan saja karena wisata sungai musi ini sangat terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya dan juga sangat banyak hiburan didalamnya. Selain wisata air ketek tadi ada juga kapal motor yang bisa digunakan untuk orang banyak yang dapat menaikinya. Orang yang membawa ketek dan kapal motor ini pun sangat ramah sehingga kita tidak perlu untuk susah payah mencari jasa mereka karena mereka akan dengan sendirinya menawarkan kapalnya untuk kita naiki, harganya pun sangat terjangkau yaitu 50.000. Tidak hanya kapal ketek atau pun kapal motor saja yang ada namun banyak juga pedagang yang menjual aneka mainan anak-anak. Jika ingin mengabadikan foto dengan latar ampera ada juga jasa tukang foto yang siap memotret kita dengan keindahan latarnya, harganya pun sangat terjangkau dengan harga 15.000 sudah dapat foto dengan hasil yang bagus. Ketika kalian sudah puas berkeliling sungai musi menggunakan ketek dan kapal motor kita dapat bersantai sejenak menikmati udara sejuk dari pinggir sungai musi. Tidak perlu untuk bersusah payah untuk mencari tempat yang nyaman untuk bersantai karena di area sungai musi sudah dibuat senyaman mungkin dengan sejumlah fasilitas yang memadai. Serambi bersantai di pinggir sungai musi kita pun jga dapat berwisata kuliner di pinggir sungai musi. Ada satu tempat yang letaknya masih berada di area yang sama dan masih dalam satu kawasan sungai musi yaitu Ampera Convention Centre.

Di restoran tersebut bukan hanya menyediakan satu jenis makanan, namun menyediakan banyak makanan dan minuman. Di sana pula kita dapat menikmatinya serambi menghirup udara segar dan memandangi indahnya sungai musi serta banyaknya kapal ataupun ketek yang berlalu-lalang.  Bagi kalian yang ingin mengunjungi objek wisata Sungai Musi Palembang, kalian dapat menggunakan alat transportasi umum dari kota Palembang dengan jurusan ke Jembatan Ampera.

Biaya untuk menaiki alat transportasi tersebut sekitar 3 ribu rupiah hingga 5 ribu rupiah. Namun ada juga alat transportasi lain yaitu Becak Motor khas palembang dengan biaya antara 5 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah, tentunya dengan waktu tempu yang lebih cepat. Untuk penginapan sudah banyak hotel yang tersedia di kota Palembang diantaranya Hotel Aston, Hotel Grand Zuri, Hotel Amaris dll. 

 

 

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan